Thursday, November 8, 2012

Time Under Tension Training


Buat temen-temen yang suka latihan beban, pernah coba latihan dengan cara Time Under Tension  (TUT) ini gak? cara latihan TUT ini bagus banget buat temen-temen yang gak pengen terkena efek plateau (statis) dalam program pembentukan tubuhnya. lagi pula cara ini bagus juga untuk para pemula yang baru mulai latihan beban, karena semua latihannya terkontrol dengan tempo yang lambat sehingga bisa mengurangi resiko cedera dan bisa untuk belajar gerakan latihan yang benar, dan lagi bagus untuk belajar menggunakan mind to muscle connection.

Biasanya dalam latihan beban hanya memikirkan berapa repetisi, berapa banyak beban yang diangkat, berapa set yang dilakukan. Di TUT ini di fokus kan pada tempo dalam satu gerakan ke gerakan selanjutnya sehingga waktu/durasi tekanan atau beban yang diterima oleh otot tersebut akan lebih lama dari latihan biasanya.
beban yang digunakan mulai dari 60% dari kemampuan maksimum sekali angkatnya (1 rep max), dan biasanya repetisi yang dapat diselesaikan hanya 6-12 kali aja. Tapi kalo bisa lebih banyak repetisinya juga gak apa-apa, boleh juga ditambahin bebannya supaya lebih mantap growing nya.

Kenapa prinsip TuT ini bisa memberikan efek positif pada latihan anda? karena setiap repetisinya dilakukan dengan tempo (rhytme) yang lambat yaitu 2detik concentric (positif), 1detik pause, 4 detik eccentric (negatif) sehingga menyebabkan otot yang dilatih mendapat pembebanan yang lebih lama durasinya dibanding latihan yang lainnya. terutama pada phase gerakan eccentric (phase negatif) yang mana disaat otot teregang dan mendapatkan pembebanan yang lebih lama sehingga diharapkan perobekan otot yang terjadi bisa lebih optimal.

Misalnya saat melakukan bench press pada latihan lain biasanya 1/1/2 (positif/pause/negatif) yang artinya durasi tekanan yang diterima otot tersebut hanya 4 detik dalam 1 repetisi, namun dengan cara TUT ini 2/1/4 durasi tekanan yang diterima oleh otot dada tersebut menjadi lebih lama, menjadi 7 detik per repetisinya. dan bila ditotal durasi 1 set latihan biasa dengan 10 rep x 4 detik = 40 detik otot mendapatkan tekanan latihan, namun dengan cara TUT 10 rep x 7 detik =70 detik otot mendapatkan tekanan latihan. artinya tingkat kelelahan yang terjadi akan lebih optimal bila menggunakan TUT ini.

harapannya dengan menggunakan cara TUT ini, latihan anda lebih bervariasi dan mendapatkan hasil yang optimal dimasa-masa sulit otot anda untuk berkembang. bagi pemulapun sangat bermanfaat begitu juga para manula yang baru mulai latihan beban.  

No comments:

Post a Comment