Sunday, November 18, 2012

Kettlebell training

10 Dangerous Kettlebell MistakesKettlebell ini sebenarnya sudah lama ada dan digunakan di rusia sebagai alat untuk latihan, cuma dulu hanya kalangan tertentu aja yang pakai alat ini untuk meningkatkan kebugaran tubuhnya. sekarang kettlebell ini mulai booming lagi, dan banyak digunakan di gym-gym bahkan lebih seru lagi digunakan untuk group class exercise.
Bentuknya unik seperti ketel air atau teko air cuma beratnya lumayann....hehehehe..buat pemula ada varian beratnya yang bisa disesuaikan dari 8kg-48kg dan juga sekarang ini ukuran bentuknya ada yang kecil (walaupun tetep berat) dan warna-warni sehingga menarik perhatian untuk para cewek-cewek latihan pakai alat ini.
Salah satu uniknya dari kettlebell training ini adalah menggabungkan antara kekuatan, daya tahan dan kelenturan. sehingga sekali latihan dengan kettlebell ini mendapatkan 3 manfaat tersebut dan yang pasti cardiovascular kita juga ikut terlatih. sehingga kettlebell ini menarik sekali untuk dijadikan latihan bareng-bareng temen dan membakar kalori yang cukup besar juga.

Gerakan yang bisa dilakukan dengan kettlebell ini mirip-mirip dengan gerakan pada angkat besi yaitu snatch, clean and jerk, pulling, push and press dll. 

Dalam semua gerakan tersebut bisa menggunakan kedua tangan atau satu tangan aja, dua kettlebell maupun satu kettlebell aja, jadi semakin berat dan sulit untuk dilakukan. namun untuk para pemula sebaiknya mempelajari teknik dasar menggunakan kettlebell ini supaya tidak cedera, karena memang agak berbeda dengan alat dumbell atau barbell sekalipun.

Kettlebell training ini sekarang semakin berkembang di kalangan atlit mix martial art dan juga cabang olahraga yang memerlukan explosive movement. karena memang olahraga tersebut memerlukan tenaga yang besar, kordinasi otot yang baik, teknik yang benar dan efisien. maka dengan latihan kettlebell inilah bisa membuat kita mengatur tenaga yang dikeluarkan sesedikit mungkin namun hasil yang maksimal. 
Konsentrasi dan mental fokus yang kuat dalam menjalankan latihan dengan alat ini sangat diperlukan, karena memang dalam sesi latihan ini hitungan yang digunakan adalah waktu bukan repetisi jadi agak berbeda dengan latihan yang biasa kita lakukan di gym, tapi bukan berarti gak bisa menggunakan hitungan juga. sehingga power yang bisa bertahan lama inilah yang diharapkan menjadi hasil akhir dari program latihan dengan kettlebell ini.
Cobain deh latihan dengan kettlebell ini, menarik, seru, dan membakar kalori cukup banyak, jadi bagus buat yang pengen turunin berat badan juga...kalo belum pernah liat gerakannya, coba check videonya nih...selamat mencoba..
 

No comments:

Post a Comment