Friday, November 2, 2012

Berlari.....

Olahraga yang paling gampang dan murmer yah cuma jogging, karena gak perlu perlengkapan macem-macem cuma sepatu, celana pendek dan kaos nyaman yang biasa dipakai sehari-hari. Gerakannya juga gak susah-susah karena udah biasa kita lakukan dari kita kecil. Kita bisa berlari dan berjalan disekitar tempat tinggal, disekitar tempat bekerja asal ada jalanan cukup sudah. 
Selain memang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot jantung dan paru-paru, berlari juga dapat menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah dan persendiannya, sehingga kegiatan ini cukup banyak membakar kalori. karena itu banyak orang yang ingin menurunkan berat badan melakukan aktifitas berlari maupun berjalan ini.

Berlari untuk pemula sebaiknya jangan langsung dengan kecepatan tinggi, pelan-pelan aja dulu seperti jogging ringan agar anda mampu melakukannya dalam durasi yang lebih lama.karena kesalahan yang sering terjadi adalah begitu start langsung tancap gas sehingga belum juga sampai 500meter udah berhenti karena gak bisa nafas teratur lagi.hal ini yang harus dihindari,karena tujuan latihan berlari ini untuk meningkatkan kebugaran maka sebaiknya dilakukan secara bertahap.

Tahap Pertama. lakukan stretching dynamic seperti menggerak-gerakan persendian tubuh dari bahu, pinggang, lutut dan tumit. lalu dilanjutakan dengan peregangan otot paha depan dan paha belakang serta betis agar menghindari kram otot ditengah jalan.

Tahap Kedua. mulai berlari atau berjalan dengan intensitas ringan selama 5 menit lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi tapi masih dalam kategori cukup untuk kemampuan anda yah. durasi yang ditargetkan sebaiknya juga bertahap, misalnya bila anda baru kali ini mulai berolahraga yaitu sekitar 15-20menit dulu lalu 2 minggu kemudian mulai meningkat ke 30menit dan begitu juga selanjutnya semakin meningkat sesuai level fit anda.
Bisa juga mentargetkan dengan jarak tempuh, misalnya pertama kali berolahraga mencoba jarak 1-1.5 km dulu sebagai target awal, lalu dilanjutkan meningkat diminggu selanjutnya.

Tahap Ketiga.mencoba untuk bertahan sampai target anda selesai. ini juga penting untuk selalu diingat,karena memang berlari ini melelahkan dan juga membutuhkan kesabaran yang tinggi. jadi selalu upayakan untuk menyelesaikan goal setting latihan anda setiap kalinya. sehingga tanpa anda sadari kemampuan fitness anda akan meningkat lebih baik bagaimana caranya agar anda bisa bertahan selama menjalankan latihan ini?yaitu dengan coba sambil mendengarkan lagu favorite di Ipod anda atau sambil berdiskusi dengan teman latihannya atau juga sambil menikmati pemandangan sekitar anda. cara tersebut cukup efektif buat saya pribadi waktu lagi sesi latihan lari saya. ada juga yang sambil berlari malah sambil mikirin planning kerjaan atau kegiatan esok hari, dan ternyata selain bisa latihan karirnya juga ikut maju :).

Tahap Keempat. jangan lupa untuk selalu minum sedikit - sedikit agar tubuh anda selalu ter hidrasi dengan baik. karena air membantu unutuk menjaga metabolisme tubuh anda tetap tinggi dan agar sisa-sisa pembakaran tersebut dapat di keluarkan melalui keringat dan urine anda.

Tahap Kelima. selalu melakukan peregangan penutup atau collingdown. agar otot anda tidak kaku setelah latihan dengan durasi yang panjang dan juga membantu tubuh untuk melepaskan asam laktat yang terdapat di otot - otot yang kelelahan.
Berlari ini akan lebih seru kalau dilakukan bareng-bareng dengan teman atau keluarga. biasanya pagi hari sebelum aktifitas bekerja atau kuliah dimulai atau sore setelah pulang kerja,dari pada harus bermacet-macetan di jalanan lebih baik exercise dulu. bisa juga ikut bergabung dengan kelompok- kelompok penggemar lari disekitar anda, biasanya mereka memiliki jadwal sendiri dan rute lari yang menarik sehingga membuat anda lebih nyaman dan lebih bersemangat dalam menjalani sesi ini.
Banyak manfaat lain yang bisa didapat dari aktifitas ini, tapi yang pasti tubuh kita perlu untuk digerakan dan diberikan pembebanan pada otot-otot kita. bayangin aja aktifitas kita sekarang ini dari mulai padi sampe tidur lagi : yaitu bangun tidur, sarapan sambil duduk, berangkat kerja jalan sedikit terus duduk lagi, terus sampe lokasi jalan dikit dan duduk lagi, kerja hanya duduk dan jalan sedikit, aktifitasnya didepan komputer aja, lalu pulang kerja duduk lagi, sampe rumah duduk dan tidur lagi.dengan fakta ini  maka kita harus berikan tubuh kita kegiatan yang lebih menarik dan menantang yaitu dengan berlari. dan yang paling enaknya setelah anda melakukan kegiatan ini yaitu rasa happy sepanjang hari yang terjadi akibat dari tubuh melepaskan hormon endorphine secara otomatis apabila anda menyelesaikan sesi latihan yang telah anda targetkan. Rasa senang dan confident ini yang sulit dicari dari aktifitas apapun kecuali berolahraga. oleh karena itu mulai yuuk dari hari ini..happy running guys.....




No comments:

Post a Comment

Post a Comment