Sunday, August 19, 2012

Bakar Kalori Setelah Lebaran


Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu setelah satu bulan berpuasa menunaikan kewajiban sebagai umat islam. Disaat lebaran itulah banyak makanan tersedia di meja dengan rasa yang sangat enak, gurih, manis, asin, sangat menggugah selera.

Kue - kue, semur daging, opor ayam, sirup dan aneka makanan kecil lainnya yang tanpa disadari ternyata makanan tersebut mengandung kalori yang sangat tinggi, lemak yang banyak dan sodium yang tinggi pula. karena itu berat badan anda akan melonjak naik kembali bahkan lebih berat dari sebelum puasa.
Lalu bagaimana dong caranya untuk tidak melonjak berat badannya? yang pasti selain mengontrol nafsu makan anda dan mengerti apa yang anda makan, cara lainnya adalah dengan berolahraga.

Olahraga bisa dilakukan dirumah maupun di gym anda, misalnya dengan melakukan berenang atau jogging ringan dengan durasi panjang, atau melakukan latihan beban yang intensif, bisa juga melakukan permainan dengan anak- anak atau keponakan yang masih libur sekolah.

Tips nya dalam membakar kalori setelah hari raya ini dengan cara:
  • Jogging disekitar rumah dengan intensitas 50%-70% maksimum heart rate, durasi latihan selama satu jam yang bisa membakar kalori 600-800 kalori. 
  • Bisa juga dengan melakukan latihan beban yang menggunakan otot-otot besar seperti squat, leg press, bench press, pull down, rowing dll agar otot yang bekerja banyak sehingga banyak pula kalori yang digunakan. 
  • Bisa juga dikombinasikan antara latihan beban dengan aerobik seperti mengikuti kelas Bodypump di gym anda atau spinning atau bodycombat yang mampu membakar kalori yang banyak.
  • Targetkan kalori yang dibakar dari 500 sampai 1000 kalori per sesi latihan, dengan cara menaikan intensitas atau durasi latihannya.   
  • Lakukan selama dua hari lalu istirahat satu hari dan diulangi kembali sambil mengontrol kembali diet anda dan hingga mendapatkan berat badan ideal anda kembali.
Semoga dengan frekuensi latihan, dan intensitas latihan yang demikian dapat membakar excess kalori yang masuk bisa terpakai menjadi energi dan bermanfaat untuk pembentukan otot anda.
selamat hari raya idul fitri..enjoy your workout....


No comments:

Post a Comment