Monday, September 3, 2012

Airsoft Gun CQB bakar kalori tinggi.

Main perang-perangan kayak waktu kecil khan seru banget tuh..kalo dulu kita mainnya pakai pistol air, pakai karet gelang, atau pakai buah apa tuh yang ijo-ijo kecil (lupa namanya), cuma sekarang ini ada airsoft gun, paint ball atau laser tag game yang bisa mengakomodir hobi perang-perangan ini.
Airsoft gun pakai peluru dari plastik dan menggunakan green gas buat tenaga pendorongnya, jadi kalo kena ke kulit lumayan merah-merah juga. maka dari itu perlunya memakai pelindung muka dan jaket agar tidak berbahaya.
Permainan airsoft gun memang seru dan bisa membakar kalori yang cukup besar, dikarenakan aktifitasnya yang an aerobik, berintensitas medium-high, menggunakan otot-otot besar dalam pelaksanaannya. selain itu fleksibilitas pemainnya pun jadi ikut terlatih karena tuntutan permainan yang mengharuskan anda berjongkok, melebarkan kaki untuk mendapatkan pandangan yang baik, meregangkan posisi badan dan lengan agar mendapatkan angle yang pas untuk melakukan penembakan. kita harus berlari, mengendap-endap, merayap, melompat (kalo perlu sih), bergerak cepat, membidik dengan resiko ditembak lawan sehingga menimbulkan tingkat adrenalin yang tinggi. sehingga kalori yang terbakar saat bermain cukup besar, apalagi kalo Close- Quarters Battle (CQB) nya dilokasi yang tidak terlalu besar maka adrenalin nya semakin tinggi.
Biasanya sih komunitas airsoft gun ini main di lapangan terbuka, di rumah-rumah yang tidak terpakai atau gedung yang cukup luasnya untuk tactical game yang menarik dengan menggunakan senjata berbentuk pistol (GBB) atau laras panjang (AEG).
Bila permainan ini dimainkan dengan mobilitas yang tinggi, (yang artinya pemainnya selalu bergerak) maka kalori yang terbakar cukup tinggi, bisa dilihat langsung dengan keringat yang membasahi baju anda. tapi sayang nya banyak juga yang bermain dengan tingkat mobilitas yang rendah (banyak diam / kurang bergerak). padahal bila mobilitasnya tinggi dengan durasi satu game nya 10-15 menit maka kalori yang dibakar saat itu bisa mencapai 70-100kalori, bayangin aja kalo bisa main 5-10 game tuh dalam satu sesi pertemuan..lumayan juga buat gantinya exercise di gym. Selain itu cuaca, berat accesories pakaian yang digunakan menambah jumlah kalori yang terbakar. jadi selain kita bisa having fun dengan permainan ini, benefit lainnya bila dilakukan secara rutin 2-3x per minggu, bisa nurunin berat badan juga tuh buat yang jarang olahraga..

Benefit tambahan lain yang bisa didapet dari bermain airsoft gun ini yaitu team work, sportifitas, leadership, brotherhood, survival, dan lain-lain yang belum tentu bisa kita rasakan dipermainan lainnya. kalo saran saya pribadi sih, permainan ini bagus juga buat ekskul anak sekolah, biar ada pelatihan fisik dan mental dan sikap saling menghargai dan sportif..keren kan? cuma yah sayangnya belum bisa dimainkan kalangan umum, hanya terbatas jumlahnya mengingat larangan atau keterbatasan informasi dalam permainannya.
Jadi untuk mengangkat komunitas airsoft gun ini mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi sedikit informasi buat kita. Sebarkan / share artikel ini ke temen-temen biar semakin banyak yang main airsoft gun, yang nantinya menjadi legal dan bisa bermanfaat buat kita semua. selain itu unit dan onderdil nya bisa jadi lebih murah deh nantinya....hehehee...jangan lupa yah nge-like artikel dan blog ini.


"AIRSOFT GUN CLOSE-QUARTERS BATTLE IS A SPORT...... "

No comments:

Post a Comment