Sunday, September 9, 2012

Cara Agar Sixpack Lebih Tajam


Untuk membentuk otot perut yang sixpack memang memerlukan usaha latihan dan diet yang ketat, namun apabila telah memiliki otot sixpack tersebut sebaiknya dijaga agar tetap terlihat dengan baik dan bahkan mungkin otot sixpack nya dibuat terlihat lebih tajam.

Lalu bagaimana caranya agar terlihat lebih tajam, sebaiknya ikuti tips dibawah ini:
1. Jangan makan karbohidrat yang cepat serap. Karena karbo yang cepat serap itu menyebabkan insulin yang ada di tubuh akan meningkat dengan cepat sehingga menyebabkan efek pembakaran lemak pada tubuh akan terhenti, dan menyebabkan penimbunan lemak pada area perut lebih dominan. Contoh karbo cepat serap yaitu; roti putih, kentang, minuman soda, minuman tinggi gula, gula pasir dll. Sebaiknya pilih gandum, oatmeal, ubi, buah, sayur, kacang-kacangan, beras merah, dll. Anda boleh meminum atau makan karbo cepat serap itu disaat anda selesai berolahraga, karena akan digunakan untuk memulihkan otot anda kembali.

  1. Jangan latihan perut terlebih dahulu. Karena bila otot perutnya sudah lelah terlebih dahulu maka untuk latihan selanjutnya akan terjadi penurunan pada core stability (transverse abdominis) nya dan melemahkan pondasi anda sewaktu mengangkat beban, begitu juga dengan kemampuan tubuh anda membangun kekuatan akan menurun. Hal ini pernah diteliti oleh Weider Research Group yang mana hasilnya positif terjadi penurunan beban angkatan para testee nya saat melakukan squat setelah melakukan latihan otot perut terlebih dahulu.
  1. Jangan takut menggunakan beban. Karena masih banyak yang takut menggunakan beban untuk latihan perutnya dikarenakan otot perutnya akan terlihat lebih tebal dan ngeblok.  Otot perut sama dengan otot yang lainnya yang perlu definisi dan separasi untuk terlihat lebih baik. Lakukan dengan maksimum beban dalam repetisi 8-10 kali agar pembentukannya lebih optimal.
  1. Jangan berhenti. Biasanya latihan beban dilakukan dengan repetisi 8-10 atau 12-15 kali per set nya. Namun bila melakukan latihan perut dengan berat badan cobalah untuk melakukannya sebanyak mungkin hingga merasa hampir lelah pada otot perut anda.
  1. Jangan lupa bernafas. Bernafas sangat penting dilakukan karena akan membantu anda sewaktu melakukan kontraksi otot perut. Sewaktu melakukan sit up, crunches atau leg raises dll, jangan lupa untuk membuang nafas disaat mengangkat badan keatas dan coba untuk menahan posisi tersebut satu detik atau lebih agar semakin banyak serabut otot yang akan ikut bekerja.
  1. Coba dengan latihan Isometrik. Yaitu dengan mengaktifkan otot perut anda (kontraksi) dan tahan selama 10 detik (seperti para bodybuilder ber pose saat pertandingan). Lalu relaks selama 6-10 detik dan ulangi lagi sebanyak 10-20 set selama anda berkendara, duduk saat bekerja atau dimana saja anda bisa.
  1. Rubah tempo latihan. Cobalah untuk merubah tempo saat melakukan latihan perut menjadi lebih cepat, lebih lambat atau lebih explosive namun tetap terkontrol dan anda bisa merasakan otot perut anda bekerja.
Jadi silahkan mencoba dan rasakan efek yang terjadi pada otot perut anda yang sixpack dan tajam terlihat lebih baik dan keren. Jangan lupa..kalo anda suka artikel ini, bisa di “like” loh... J

No comments:

Post a Comment