Tuesday, July 17, 2012

CARA EFEKTIF BAKAR LEMAK


Bagaimana cara menurunkan berat badan / lemak yang efektif.
Menurunkan berat badan atau kadar lemak didalam tubuh memang menjadi kendala bagi orang pada umumnya. Prinsip dasar yang harus dimengerti dan dijalankan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan adalah cara terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal anda.

Konsep pemikiran yang sederhana adalah:
  • Bila intake kalori yang masuk lebih tinggi dari output nya (aktifitas fisik) maka efek yang terjadi adalah berat badan akan bertambah. 
  •  Bila intake kalori seimbang dengan output nya maka efek yang terjadi adalah berat badan anda akan tetap.
  • Bila intake kalori lebih rendah dari output nya maka efek yang terjadi berat bdan akan turun.
     Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya memperhatikan intake kalori yang masuk dan aktifitas fisik yang cukup.Caranya dengan: 
  1.  Mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Memperbanyak  makanan yang berserat tinggi dan yang berprotein tinggi. Seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, protein hewani dan buah-buahan menjadi pilihan yang baik dikonsumsi sehari-hari. Hindari makanan yang banyak mengandung  minyak dan berlemak serta minuman yang manis dan bersoda.  Dikarenakan jumlah kalori yang terkandung dalam makanan tersebut lebih tinggi dibanding bentuknya yang tidak seberapa. Tapi apabila kita tukar dengan makanan yang sehat akan memberikan efek yang lebih baik terhadap tubuh anda.
  2. Meningkatkan aktifitas fisik. Berolahraga menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Tentukan jenis latihan yang cocok dan yang anda gemari untuk beraktifitas pada kondisi fisik anda sekarang ini. Jangan memaksakan diri untuk meningkatkan intensitas secara drastis tanpa persiapan yang cukup. Misalnya sebagai starting anda melakukan olahraga berjalan kaki, setelah rutin anda lakukan (3x / minggu) maka setelah sebulan anda boleh meningkatkan intensitas nya dengan menjadi berlari kecil hingga jogging . Selain factor kesehatan dan keamanan anda dalam berlatih, tujuannya  meningkatkan intensitas adalah untuk menciptakan situasi yang selalu berubah bagi tubuh anda dan berakibat terhadap pembakaran kalori yang lebih tinggi. Hal ini bisa diadaptasikan saat anda latihan yang bersifat cardiovascular maupun resistance training. 
  3. Beristirahat yang cukup. Istirahat berupa tidur siang ataupun tidur di malam hari merupakan cara terbaik untuk tubuh anda mendapatkan dan mengisi kembali oksigen ke seluruh tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat dari latihan atau aktifitas fisik yang anda lakukan. Serta pembentukan hormon -hormon yang baik dalam tubuh terjadi disaat kita tidur di malam hari. Jadi jangan menunda tidur malam hari, karena sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. 
  4.  Memiliki komitmen diri yang kuat. Berkomitmen terhadap sesuatu terkadang memang agak sulit dan banyak godaannya, terutama untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain rasa bosan, lelah dan keinginan makan –makanan yang manis atau berkalori tinggi sebagai factor yang tak terelakan. Namun hal – hal tersebut harus dilewati dengan kesadaran yang tinggi yaitu bahwa “Kesehatan anda lebih penting dari makanan ataupun minuman tersebut”.  Karena akan sia- sia usaha anda apabila rasa- rasa tersebut menjadi penghalang kebahagian anda dikemudian hari. Namun apabila anda terlanjur “jatuh” atau kalah sesaat dalam komitmen ini, maka cepat-cepat kembali dan sadar diri untuk menggantinya dengan usaha yang lebih keras lagi ke esokan harinya. Prinsip ini yang akan membuat anda tetap pada jalur anda menuju pencapaian berat badan ideal anda.
Cara –cara diatas harus anda terapkan untuk mendapatkan berat badan ideal anda dan menjadi pelajaran yang berharga dalam hidup untuk dikemudian hari dapat kita pertahankan menjadi kebiasaan yang baik dan bisa diterapkan untuk keluarga anda juga.  Karena “ mempertahankan lebih sulit dari mendapatkan” untuk tetap memiliki tubuh yang bagus , maka anda harus merubah kebiasaan buruk anda dalam pola makan, aktifitas fisik dan beristirahat menjadi yang lebih baik dan dilakukan seterusnya. “Ttubuh yang indah itu tidak dilahirkan namun direncanakan dan dilaksanakan”.

No comments:

Post a Comment