Monday, July 2, 2012

Latihan Kardio, Cara Terbaik Bakar Lemak

Diet mungkin kosakata yang utopia bagi kebanyakan wanita. Sebabnya, begitu mudah mengatakan ingin diet, tapi kenyataannya begitu sulit menjalankannya. Bahkan, kadang-kadang, cara diet yang telah ditempuh dengan perjuangan, dengan membatasi asupan makanan dan olahraga, juga tak memberikan hasil memuaskan. Apa yang salah? Bobby Ferdian, personal trainer dari Elite Club Rasuna, Jakarta, membantu memecahkannya.


Tanya : Saya (165cm/65kg), wanita bekerja. Seminggu tiga kali saya berlatih di gym kurang lebih 1,5 jam. Dimulai dengan jogging di treadmill, disambung latihan beban. Saya berlatih sepulang dari kantor. Saya sadari, biasanya sehabis latihan, saya makan malam cukup banyak, namun dengan sedikit nasi. Soalnya, perut saya selalu terasa sangat lapar sehabis latihan. Apakah hanya karena itu, bobot badan saya sulit turun? (Yoanna, Tangerang)

Jawab Bobby :
Tak masalah bila karena kesibukan bekerja, Anda hanya bisa exercise pada malam hari. Olahraga malam hari masih efektif untuk menurunkan berat badan. Hanya, efek panas tubuh yang mencapai  4 jam-5 jam sesudah latihan bisa menyebabkan Anda susah tidur. Nah, efek susah tidur inilah yang bisa memengaruhi susahnya turun berat badan. Ayo jujur, apakah  Anda cenderung ngemil untuk membunuh waktu ketika tak bisa tidur?

Bila Anda kelaparan setelah olahraga, itu hal yang sangat wajar. Ada cara aman untuk mengatasi rasa lapar yang cukup hebat setelah latihan, yaitu dengan mengonsumsi banyak makanan berserat dan tinggi protein. Karbohidrat di malam hari untuk Anda yang ingin langsing memang harus dihindari (perhatikan pula bentuk-bentuk sumber karbohidrat selain nasi), mengingat aktivitas fisik Anda selanjutnya –yaitu bersantai dan tidur-- tidak lagi tinggi.

Saya sarankan, Anda menukar urutan program latihan. Sebaiknya, latihan beban terlebih dahulu sekitar 30 menit, lalu ditutup dengan latihan aerobik (kardio) selama 1 jam. Karena, lemak biasanya mulai dibakar setelah 30 menit latihan. Dan, cara paling baik membakar lemak adalah dengan latihan kardio. Dengan urutan demikian, Anda pasti akan lebih banyak menggunakan sumber lemak Anda sebagai sumber energi latihan.

http://www.femina.co.id/archive/main/issue/issue_detail.asp?id=815&cid=3&views=49

No comments:

Post a Comment