Thursday, July 5, 2012

LATIHAN OTOT KAKI, MESIN VS MANUAL


Latihan pembentukan untuk otot kaki merupakan kebutuhan yang prioritas bagi atlit maupun pemula, dikarenakan otot kaki menjadi penopang berat tubuh dalam kegiatan sehari- hari dengan intensitas aktifitas rendah hingga tinggi. Misalnya; berjalan, berdiri, jongkok /duduk, naik tangga, berlari, melompat dll.
Otot kaki merupakan bagian otot yang besar pada tubuh manusia, sehingga untuk melatihnya dibutuhkan pembebanan (resistances) yang cukup besar untuk meningkatkan kekuatannya dan menciptakan bentuk kaki yang kekar. Pada pelaksanaannya bisa menggunakan beban tambahan dari alat, maupun dengan berat tubuh anda sendiri yang bisa divariasikan dengan sudut dan tinggi permukaan dari pergerakan anda berlatih.
Sebagai contoh yang menggunakan alat: Leg press machine, squat machine, leg extension & leg curl machine dll. Bisa digunakan oleh pemula hingga level atlit dikarenakan:
·         Penggunaannya lebih mudah
·         Lebih menghemat waktu dalam pergantian bebannya
·         Lebih aman saat menggunakannya
·         Sangat baik untuk pemula mengenali pergerakan latihan dan otot yang dilatihnya.
·         Bisa melakukan latihan beban terberat saat latihan
Namun memang ada juga kekurangan dari alat / mesin latihan ini yang bisa dirasakan oleh penggunannya, misalnya:
·         Terbatas dalam pergerakannya, sehingga kurang menyerupai dari pergerakan sendi dan otot kaki yang sebenarnya (functional).
·         Kurang mendukung keseimbangan dari kekuatan masing-masing otot kaki, dikarenakan banyak mesin yang digunakan dengan dua kaki sekaligus, sehingga bila salah satu dari kaki tersebut lemah, maka tidak akan terlatih secara maksimal.
·         Terlalu aman, sehingga hanya sedikit otot yang bisa dilatih dalam pergerakan tersebut yang artinya juga adalah sedikit calorie yang terbakar saat latihannya.
Bila dibandingkan dengan latihan yang alami menggunakan berat tubuh sendiri untuk otot kaki, memang ada beberapa kelebihan dan kekurangan saat pelaksaannya. Misalnya:
·         Lebih Beresiko, Hanya untuk orang yang sudah terlatih atau mampu melakukan gerakan yang benar saja, karena resiko cedera lebih tinggi dibanding menggunakan mesin.
·         Lebih sulit dalam mengontrol pergerakannya, namun dapat meningkatkan koordinasi otot dan stabilisasi otot kaki anda.
·         Lebih banyak membakar kalori dalam tubuh anda. Dikarenakan banyak otot yang bekerja saat anda melakukan pergerakan latihan tersebut.
·         Lebih menyerupai gerakan yang sebenarnya, karena jarak pergerakannya (range of motion) lebih fleksibel dalam melakukan gerakan dibanding mesin.
·         Bisa dilakukan dimana saja (dirumah atau outdoor) tanpa biaya mahal dan tidak butuh tempat yang luas.
·         Kaki bisa dilatih secara terpisah antara kiri dan kanan. Sehingga meningkatkan kekuatan masing-masing kaki secara terpisah dan bersamaan.
·         Permukaan tanah yang menanjak dan menurun, permukaan yang lunak, permukaan yang tinggi bisa menjadi tantangan buat otot kaki anda dalam proses peningkatan intensitas latihan. (Box Jump,  Bosu ball, incline treadmill, etc.)
Banyak sekali pilihan latihan yang bisa dilakukan untuk kaki anda bila tanpa menggunakan mesin utnuk dirumah maupun di luar rumah, yaitu:
·         Bodyweight Squats
·         Reverse/Forward Lunges
·         Lateral Lunges
·         Glute bridge
·         Plie squat
·         Jumping Squats
·         Plyometric Lunges
·         Single Leg Squats
·         Jumping to box  / drop from box (both legs or single)
·         Sprint up hill / down hill
Pada akhirnya semua tergantung dari kemampuan anda secara fisik dalam memilih latihan yang cocok untuk anda dan kemampuan finansial anda dalam mendapatkan peralatan latihan Karena semuanya memberikan efek yang baik bagi pembentukan otot kaki anda, namun yang harus diperhatikan adalah factor keamanan dan kenyamanan anda saat berlatih dan tujuan anda berlatih. Selamat berlatih
           

No comments:

Post a Comment