Sunday, December 23, 2012

SuperSet..

Pengen latihannya lebih berat, lebih efektif, lebih efisien? lebih banyak bakar kalori, lebih cepet waktunya,? cobain deh dengan prinsip Superset ini.
Prinsip superset dalam latihan beban adalah dengan menjalankan 2 jenis latihan berbeda tanpa istirahat diantaranya. misalnya anda latihan bench press, maka dengan prinsip superset ini bisa dilanjutkan dengan latihan lat pull down atau rowing( tergantung target tipe latihan anda) tanpa istirahat diantara latihan tersebut. Istirahat baru bisa dilakukan setelah kedua latihan tersebut selesai dilakukan. lalu  bisa diulangi kembali untuk set selanjutnya. 

Mengapa latihan dengan prinsip super set ini menjadi efektif dan efisien? karena disaat latihan dengan prinsip super set ini otot menjadi cepat lelah sehingga produksi asamlaktat di tubuh meningkat tajam, disaat itu tubuh akan merespon untuk menurunkan kadar asam tersebut dengan mengeluarkan hormon pertumbuhan (Growt Hormon). GH ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk pembakaran lemak dan pertumbuhan otot.
Karena efek tersebut maka banyak orang merasa cocok dalam menjalankan prinsip super set ini kedalam programnya masing- masing, selain waktu latihan cepat terselesaikan, banyak otot yang bisa dilatih, denyut nadi latihan nya pun bisa tetap tinggi. 
Ada beberapa tipe latihan dengan prinsip superset ini, yang masing-masing tipe nya memberikan manfaat yang sama namun bisa menjadi pilihan buat para pecinta latihan beban. yaitu:
    1. Single Body part Super Set: tipe ini adalah dengan menggabungkan 2 latihan yang berbeda namun untuk otot tubuh yang sama. misalnya anda melakukan latihan otot dada dengan bench press lalu dilanjutkan dengan incline dumbbell chest press. diharapkan dengan melatih otot yang sama dengan sudut yang berbeda maka banyak serabut otot yang terlatih dan memberikan efek fatique yang tinggi terhadap otot tersebut sehingga pertumbuhan otot dadanya akan lebih optimal.
    2. Antagonistic Super Set: adalah dengan menggabungkan 2 jenis latihan untuk otot yang berlawanan. sebagai contoh anda melakukan latihan otot lengan yaitu bicep curl lalu dilanjutkan dengan tricep push down, memang memberikan hasil peningkatan kekuatan yang fantastis sebagaimana sering dilakukan oleh para gym mania.
    Amanda Latona3. Pre Exhaust Super Set: kalo yang ini juga menarik untuk dicoba karena otot yang akan dilatih itu harus dilelahkan dahulu dengan gerakan yang isolasi lalu dilanjutkan dengan yang compound utnuk otot yang sama. misalnya oto yang dilatih adalah bahu, maka harus dilelahkan dahulu dengan teknik lateral raise lalu dilanjutkan dengan shoulder press. artinya serabut otot bahu lokalnya sudah lelah dan dibantu oleh otot pendukung saat melakukan gerakan compoun tersebut. sehingga efek perobekan otot yang positif semakin tinggi dan pertumbuhannya pun akan lebih dahsyat. ada juga tipe yang sebaliknya, disebut Post Exhaust Super set.
    4. Giants Set: ini lebih seru lagi karena yang dilakukan dalam satu setnya lebih dari 2 jenis latihan pada otot yang sama, biasanya langsung dengan 3 jenis latihan yang berbeda untuk otot yang sama. misalnya untuk latihan otot kaki dengan menggunakan Squat + Leg Extension + Leg Press. Tujuannya agar terjadi efek shock terhadap otot yang ditargetkan sehingga memaksa tubuh utnuk meng aktifkan otot pendukung lainnya pada grup otot tersebut. Sebaiknya pilih latihan yang ketiganya dengan latihan yang paling aman, tidak perlu banyak faktor keseimbangan dll. karena setelah 2 jenis latihan yang melelahkan tersebut tingkat energi kita sudah rendah jadi resiko cedera akan menjadi besar kalau menggunakan latihan yang kompleks pada jenis latihan ketiganya.

    5. In Set Super Set: paling unik dan seru untuk dicoba karena sangat menantang tubuh anda dalam melakukannya, yaitu dengan melakukan 2 jenis latihan berbeda dalam tiap-tiap repetisinya didalam satu set. prosesnya dengan melakukan latihan jenis A satu rep lalu dilanjutkan dengan latihan jenis B satu rep terus diulang kembali antara latihan A dan B secara bergantian hingga anda lelah. sebagai contoh latihannya yaitu dengan menggabungkan antara Barbell Row dengan Deadlift, antara dumbbell flies dengan dumbbell chest press dll.
    Semua jenis tipe super set itu bisa dicoba untuk meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan otot tubuh yang luar biasa, dan efek pembakaran kalori yang tinggi, sehingga perubahan bentuk tubuh yang lebih baik cepat terjadi. pastikan anda memiliki energi sebelum berlatih dengan prinsip super set ini dan anda dalam kondisi fit sebelum latihan....keep the spirit to the max...

    No comments:

    Post a Comment