Wednesday, December 26, 2012

Latihan Saat Liburan

Bulan desember adalah bulannya libur sedunia, banyak yang sudah mengatur jadwal liburannya dari jauh-jauh hari. bahkan sudah ada juga yang bikin rencana liburan keluar negeri dari awal tahun kemarin. biasanya kalau lagi liburan, semua latihan dan dietnya ikut libur, sehingga begitu balik dari liburan kondisi fisiknya jadi turun bahkan badan jadi melar.

Kalau anda yang memang sudah fit sepanjang tahun dengan level body fat yang rendah mungkin efeknya tidak terlalu dahsyat kalau liburan beneran seminggu, tapi buat yang latihannya on / off dan dietnya juga menjelang-menjelang liburannya aja akan hancur usaha yang udah di jalankan kemarin. hal ini harus di antisipasi dengan membuat rencana latihan dan diet yang baik dan sesuai dengan moment liburannya.
Gimana caranya membuat rencana latihan yang baik saat liburan? disinilah fungsinya buat anda yang mengetahui kondisi diri masing-masing untuk membuat intensitas latihan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah anda berlibur di tempat yang menyediakan fasilitas olahraga atau tidak? cuaca lokasi liburan hujan?panas? dingin? ini harus diketahui agar tidak salah planning :) perlengkapan olahraga pribadi yang bisa dibawa atau mungkin dibawa? waktu terbaik untuk latihan disaat liburan? 

ALTBila situasi memungkinkan untuk latihan di outdoor maka pilih pakaian yang nyaman dan ringan untuk digunakan saat berlatih dan sepatu olahraga yang sesuai dengan track yang akan dilalui. Berlari saat liburan di lokasi yang panas seperti pantai atau sejuk seperti di gunung menjadi salah satu pilihan yang baik untuk anda latihan dan menjaga kondisi tubuh anda. karena pengalaman latihan di outdoor itu memberikan efek yang berbeda terhadap tubuh anda untuk beradaptasi dengan situasi yang baru. lalu anda bisa berolahraga di air dengan berenang, polo air, atau aqua exercise. coba juga hiking dengan keluarga atau pasangan dan latihan beban dengan bodyweight seperti push up, squat, lunges, pull up dan crunches atau boleh juga dengan pliometrik training untuk menjaga kekuatan otot anda.
Bila situasinya hanya bisa latihan di indoor atau hanya dikamar hotel saja, maka pilih latihan penguatan dengan bodyweight dan sistem latihan superset atau circuit training untuk menjaga kekuatan otot anda dan juga denyut nadi yang tinggi agar otot jantung anda juga terlatih dengan baik. dengan kombinasi tersebut membuat kalori yang terbakar jadi lebih banyak.
exerciseDurasi latihan tidak harus lama, cukup 30-60 menit asal intensitasnya sesuai dengan kemampuan (sekitar 70%-85%) dan waktu pagi hari yang cocok untuk latihan tanpa mengganggu acara liburannya, dan anda tetap merasa segar bugar sepanjang hari.
lalu makanan juga harus dikontrol agar tidak kebablasan kalori yang masuknya, dan biasanya bisa tetap sukses dengan diet rendah karbohidrat. karena gampang di aturnya walaupun makan direstoran saat liburan anda. 
"Keep moving and eat healthy to keep you on the right track."

No comments:

Post a Comment