Tuesday, February 12, 2013

Jenis Latihan Otot Dada dan Istilahnya

Istilah dalam latihan beban memang banyak sekali variasinya, sehingga membuat anda yang baru mulai latihan beban suka bingung dan gak tau mana yang cocok untuk anda sebagai pemula.
Untuk pembahasan saat ini kita fokuskan pada otot dada yang menjadi favorit para pria dan perempuan juga ternyata..kita bedakan dengan menggunakan beban tubuh sendiri, dengan alat mesin, dengan dumbbell dan dengan barbell juga.
harapannya dengan mengerti variasi latihan ini, maka pembentukan otot dada anda lebih baik dan optimal.



1. Variasi latihan otot dada dengan beban tubuh sendiri:
  • Push up standart. paling sering dilakukan dan sangat mudah sehingga latihan ini menjadi pilihan yang paling populer di bidang olahraga. variasi lainnya bisa juga dengan posisi tangannya diperlebar.
  • Kneeling push up. Biasanya disarankan untuk yang baru mulai olahraga nih dan untuk ladies aja, karena masih belum mampu push up standart.namun tidak mengurangi konsentrasi pembentukan otot dadanya.

  •  Incline push up. gerakan ini tidak terlalu sulit bahkan lebih mudah daripada kneeling push up. baik digunakan sebagai variasi para pemula.

  •  Decline Push Up. Bila anda telah cukup terlatih, bisa mencoba dengan latihan yang ini, karena gerakan ini lebih berat dengan kontrol tubuh bagian tengah lebih besar. bangku yang digunakan bisa ditukar dengan gym ball, bosu ball, box dll.


  • Push Up Plyometric. tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan tekanan pada otot dada yang sangat besar, sehingga latihan ini disarankan hanya untuk anda ynag terlatih lebih lama.




2. Variasi Latihan Dada dengan Mesin
  • Chest Press. Pilihan yang paling baik buat pemula untuk melatih otot dadanya agar lebih kuat, dan kencang. selain mudah digunakan cukup nyaman dalam pengaturan bebannya.



    • Pec Dec / Chest Fly. Latihan yang melengkapi pergerakan otot dada agar lebih bidang dan kencang. 


    • Cable Cross Over. gerakan yang mirip dengan pec dec diatas, namun cross over ini lebih berat dengan memperpanjang bidang tungkai lengan. jadi dalam pergerakannya siku anda tidak boleh banyak bergerak agar otot dadanya ter isolasi maksimal.


    3. Variasi latihan otot dada menggunakan Freeweight Barbell atau Dumbbell.
    • Bench Press. latihan paling favorit untuk otot dada didunia. Biasanya menggunakan barbell dengan permukaan bangku (bench) yang datar (flat), namun bisa juga dilakukan dengan dumbbell. 
     









    • Incline Bench Press. sudut yang berbeda memberikan tekanan pada otot dada bagian atas lebih dominan menjadikan latihan incline bench press ini menjadi salah satu favorit di gym.
        • Decline Bench Press. Gerakan ini sudah tidak terlalu dianjurkan oleh para dokter olahraga dikarenakan tekanan pada pembuluh darah ke kepala yang sangat besar sehingga beresiko sekali terhadap para pemula. namun para atlit profesional masih ada yang melakukan nya sesuai dengan kebutuhan mereka.

        • Dumbbell Flyes. sudut pergerakan yang berbeda seperti latihan dada yang lainnya yaitu gerak mendorong, dalam gerakan flyes ini memberikan tekanan otot dada yang sangat besar.
        • Close Grip Bench Press. otot yang terfokus selain dada adalah otot lengan belakang atau tricep lebih besar. sehingga efek lelahnya lebih terasa di triceps muscle.

        Masih banyak variasi latihan yang bisa dilakukan untuk membentuk otot anda, contoh-contoh yang dibahas diatas merupakan pilihan umum yang bisa di aplikasikan dengan cepat. perhatian yang harus diutamakan adalah selalu melakukan latihan dengan teknik yang benar dan terkontrol. jangan mengorbankan keselamatan demi beban yang lebih berat. bertahap peningkatannya akan lebih baik dibanding hanya menggunakan ego untuk mengangkat beban yang paling berat di gym....have fun guys..

        No comments:

        Post a Comment